Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 19 Tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Keadaan Darurat Bahan Kimia dalam Kegiatan Usaha Industri Kimia telah diberlakukan mulai tanggal 13 November 2019. Asosiasi Crop Care Indonesia melakukan sosialisasi terkait peraturan tersebut pada tanggal 14 November 2019 bertempat di Gedung Pusat Informasi Agribisnis Kementerian Pertanian yang dihadiri oleh 20 perusahaan anggota Asosiasi Crop Care Indonesia.

Narasumber pada sosialisasi tersebut berasal dari Kementerian Perindustrian, PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia. Dalam sosialisasi yang berlangsung, dipaparkan materi Penerapan Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 19 Tahun 2019 dan Cara Verifikasi Dokumen tentang prosedur pencegahan dan penanggulangan keadaan darurat bahan kimia dalam usaha industri kimia. Peraturan tersebut berlaku untuk industri kimia, termasuk pada pabrik bahan teknis dan formulasi pestisida dan pupuk.

 

Follow us on social media:
Website : www.cropcare.or.id
Facebook : Asosiasi CropCare Indonesia
Instagram : @asosiasicropcareindonesia

 

(Joko Suwondo (Ketua Umum ACCI) dan Ms. Cathy (AgrochemBIZ China))

Serangan Hama Ulat Grayak FAW Harus Dilakukan Secara Terpadu

Fall Armyworm atau nama ilmiahnya Spodoptera frugiperda adalah hama ulat grayak baru yang dapat menyerang, merusak atau menghancurkan pertanaman jagung dan tanaman lainnya hanya dalam semalam. Hama ulat grayak jenis baru ini mampu bermigrasi (menyebar) ratusan kilometer dan menjadi peringatan bagi petani kecil. Fall Armyworm sejatinya adalah hama asli Amerika. Namun, sejak 2016 telah bergerak agresif ke arah timur, menyapu Afrika, dan pertama kali merambah Asia pada pertengahan 2018 di India, sejak itu menyebar ke Bangladesh, Cina, Myanmar, Sri Lanka, Thailand sebelum tiba di Indonesia. Organisasi Pangan Dunia (FAO) dan Kementerian Pertanian mencatat bahwa hama ulat grayak species baru Spodoptera frugiperda yang dikenal sebagai Fall Armyworm sebenarnya pertama kali terdeteksi di Indonesia pada Maret 2019 di Provinsi Sumatera Barat. Hanya dalam waktu empat bulan, hama Ulat Grayak Jagung ini menyebar ke berbagai provinsi meliputi provinsi di pulau Sumatera, Jawa, dan beberapa daerah di Kalimantan dan Sulawesi.

Brosur Agrochemical Exhibition

"klik brosur untuk informasi lebih lanjut"

 

Asosiasi CropCare Indonesia bekerjasama dengan Beijing AgrochemBIZ Co Ltd (BAB) akan melaksanakan Seminar dan Pameran International dengan tema “Smart Agricultural Techniques and Innovation” pada tanggal 12 – 13 November 2019 di Hotel Pullman Jakarta Central Park, dengan jumlah peserta pameran (“Exhibitor”) sekitar 100 (seratus) produsen bahan aktif dan bahan teknis pestisida dari China, India, Indonesia, dll dan akan dihadiri oleh para Pebisnis yang bergerak dalam Industri Agriculture. 

Seminar dan Pameran pada event ini merupakan peluang bagi kita semua untuk bertemu dengan pemasok Premium dan Distributor Regional yang ingin terhubung sebagai Mitra Perdagangan baru.

 

DSC 0442

( dari kiri ke kanan : Mulyadi Benteng "Direktur Eksekutif", Joko Suwondo "Ketua Umum", Prof. Dr. Dadang, M.Sc "Ketua Tim Teknis Komisi Pestisida )

10-12 September 2019, Train The Trainer disingkat TTT merupakan pelatihan yang dirancang untuk melatih para calon Trainer yang nantinya diharapkan dapat memberikan pelatihan yang sama kepada rekan kerja dalam lingkup perusahaan pada khususnya dan juga kepada para petani pada umumnya, untuk dilanjutkan secara bergulir sehingga lebih banyak petani dapat merasakan manfaat pelatihan sejenis ini.

 

 DSC0180

 

28 Januari 2019, untuk memberikan pengetahuan teknis tentang herbisida dan uji efikasi herbisida untuk mendukung pelaksanaan pendaftaran herbisida yang selama ini seringkali mengalami hambatan, kali ini Asosiasi CropCare® Indonesia melaksanakan “ Workshop Efikasi Herbisida dalam Rangka Pendaftaran Herbisida ” yang dihadiri oleh seluruh anggota. 

Narasumber pada workshop tersebut adalah Ketua Tim Teknis Komisi Pestisida, Direktorat Pupuk dan Pestisida dan juga dari ahli herbisida yaitu Prof. Dr. Ir. Nanik Sriyani, M. Sc dari Universitas Lampung.

--- klik untuk melihat foto ---